Friday, December 12, 2008

Prinsip Dasar PAUD Embun Pagi

Mengasuh anak usia balita tidak sama dengan mengasuh anak usia anak sekolah. Harus ada prinsip-prinsip dasar yang harus kita patuhi agar anak bisa berkembang sesuai usianya.
Inilah 3 Prinsip Dasar Pengasuhan di PAUD Embun Pagi Cimahi :

Prinsip Pertama
: ANAK ADALAH RAJA. Demikian sebuah ungkapan terkenal dari seorang sahabat Nabi saw, yaitu Ali kw. Apa artinya ANAK ADALAH RAJA?
Anak usia 0-3 adalah anak yang berada pada tahap PERKEMBANGAN TERCEPAT. Selama masa 3 tahun ini pertumbuhan otak anak menjadi 80%. Sebuah pertumbuhan yang hebat. Namun demikian, pertumbuhan otak yang cepat ini belum dibarengi dengan kemampuan-kemampuan lainnya yang menunjang. Oleh karenanya RASA INGIN TAHU anak sangat luar biasa sehingga banyak merepotkan dan banyak membuat kewalahan pengasuhnya. Demikian juga RASA INGIN MENCOBA juga luar biasa hebat. Dua rasa ini adalah pintu utama anak menyerap berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan hidupnya. Jika dihalangi maka anak akan memiliki perilaku yang keliru. Anak akan berontak dan bahkan anak akan melemah kemampuannya.
Jadi orangtua seharusnya memposisikan sebagai PELAYAN.
Anda tahu bagaimana seorang pelayan? Apa tugasnya?
Anak adalah RAJA maka orangtua dan pengasuh adalah PELAYAN-nya. Seorang pelayan adalah melayani, memenuhi dan menjaga rajanya. Selain itu tugasnya adalah memberikan nasehat dan nasehat. Seorang pelayan yang tidak baik adalah pelayan yang mengatur, mendominasi, memberi hukuman, membentak, memarahi dan melarang yang diperbolehkan.
Jika orangtua dan pengasuh menjadi pelayan yang baik maka raja akan tumbuh MENJADI DIRI MEREKA bukan menjadi keinginan pelayan.
Sehingga PAUD Embun Pagi merasa bahwa anak memiliki keinginan, keunikan sendiri-sendiri. Tugas lembaga adalah memberikan fasilitas dan mendorong agar potensi mereka meluar dan berkembang pesat.
Maka kondisi bebas merdeka bagi mereka adalah bebas berekspresi, berkreatifitas. Lembaga hanya memonitoring dan memberikan pelayanan yang terbaik.
Bersambung ....

No comments:

Post a Comment