Monday, December 15, 2008

PRINSIP KEDUA PAUD EMPUN PAGI

Prinsip Kedua : SETIAP ANAK UNIK
Setiap anak memiliki keunikan terendiri. Ia berbeda, tidak ada seorang pun yang menyamai, pun ayah ibunya. Keunikan ini akan menjadikan dirinya berbeda dengan yang lain. Akan menjadikan dia MENJADI DIRI SENDIRI.
Kebanyakan orangtua, mereka menginginkan anaknya tumbuh seperti mereka. Sukses seperti mereka. Karenanya, orangtua sejak dini memasukkan anaknya ikut berbagai kursus. Segala dunianya diatur oleh orangtua [padahal orangtua tak punya hak].
Anak memiliki keinginan tersendiri karena ia memiliki dunianya yang berbeda dengan orangtuanya. Anak memiliki kemauan tersendiri karena ia memiliki tugas tersendiri.
Di Paud Embun Pagi, pengasuh hanya memberikan stimulus dan merangsang anak agar potensi dan bakat mereka terlihat. Setelah terlihat dari beberapa kegiatan, anak akan diberikan stimulus penguat agar bakat dan potensi mereka melejit. Begitu seterusnya prosesnya. Pengasuh "berdiri" di belakang mendukung dan mensupport anak didik.
Pengasuh (demikian juga orangtua) DILARANG mendikte, mentotaliter kemauan anak, apalgi pemikiran anak. Pengasuh hanya berperan menyedia apa yang disukai anak, apa yang bisa melejitkan perkembangannya.
Bersambung ...

No comments:

Post a Comment