Wednesday, December 17, 2008

5 Langkah Prinsip Mendirikan Lembaga PAUD atau PLAYGROUP

5 Langkah Prinsip Mendirikan Lembaga PAUD atau PLAYGROUP

Ada 5 langkah penting untuk mendirikan sebuah lembaga pengasuhan. Semisal PAUD atau Playgroup. Kelima langkah penting ini tentunya setelah syarat utama, berupa tempat sudah tersedia. Kelimanya merupakan pengalaman perjalanan PAUD Embun Pagi yang baru memasuki usianya yang ke-3. Mudah-mudahan sharing ini bisa bermanfaat untuk sahabat semua. Khususnya beberapa teman yang bertanya langsung kepada PAUD Embun Pagi. Dan dari tulisan ini semoga silaturahim terus terjalin. Jika ada beberapa pertanyaan atau ingin diskusi lebih lanjut PAUD Embu Pagi dengan senang hati akan menerimanya.

Berikut penjelasan dan uraia 5 langka itu ….

Langkah 1

Ini adalah langkah awal dan langkah terpenting. Karena langkah ini merupakan dasar dan akan memberikan pengaruh terhadap keempat langkah selanjutnya. Jika tidak punya langkah ini, kami memberikan masukan agar terlebih dahulu mencari dan menetapkan langkah ini terlebih dahulu. Langkah ini adlah sebagai pondasi bangunan lembaga. Jika salah maka bangunan yang berdiri juga tidak akan sekuat kelihatannya.

Langkah ini adalah memiliki PARADIGMA tentang ANAK yang BENAR. Paradigma adalah cara pandang dan cara berfikir. Paradigma Anak berarti cara pandang atau cara berfikir kita tentang anak. Mengetahui hakikat ini merupakan salah satu kunci sukses sebuah lembaga. Kami tidak mengatakan sukses dalam pandangan keumuman (banyak murid, banyak peminat) tapi sukses dalam menghantarkan anak sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan psikologi anak.

Mengapa harus dimulai dengan paradigma?

Karena jika kita memiliki sebuah paradigma tentang anak. Maka paradigma ini akan menjadi titik awal pemikiran langkah-langkah selanjutnya. Paradigma ini akan melahirkan berbagai tindakan yang mendukung paradigma tersebut.

Sebagai contonya, di PAUD Embun Pagi, kami memiliki 2 paradigma yang kami yakini, yaitu Anak adalah Raja dan Setiap Anak Itu Unik. Jika ingin membaca lebih lanjut bisa klik sini.

Langkah 2

Menentukan goal atau tujuan lembaga terhadap anak dan semua pihak yang terkait di dalamnya. Tujuan tidak hanya kepada anak tapi kepada semua orang yang terlibat di dalamnya. Namun demikian, anak harus menjadi titik focus. Semuanya harus berpusat pada anak. Goal atau tujuan harus ditetapkan terlebih dahulu sehingga semua kegiatan dilaksanakan untuk mencapai tujuan ini.

Langkah 3

Menyiapkan sarana yang dapat menstimulus anak. Bagi sebuah lembaga pengasuhan, sarana merupakan salah satu factor penting. Ia adalah nyawa dari perkembangan anak. Ada enam sarana yang seharus dimiliki sebuah lembaga pengasuhan :

  1. Area Permainan

Sebuah sudat ruangan yang berisi mainan dari berbagai keterampilan bagi anak. Pemainan matematika, motorik halus, motorik kasar, konsentrai maupun permainan lainnya

  1. Area Pasir dan air

Area ini sangat dibutuhkan untuk perkembangan motorik halus dan motorik kasar

  1. Area Cerita

Sebuah arena yang dipakai untuk mendengarkan cerita, berdiskusi, bercengkerama dan mengobrol.

  1. Area Seni

Di area ini tersedia panggung ekspresi, berbagai boneka dan penunjang lainnya

  1. Area Musik

Ini adalah area musik yang biasanya dijadikan area favourit. Berisi piano, drum kecil, suling, gitar dan sebagainya

  1. Area Outdoor

Biasaya area ini dalah salah satu daya tarik utama sebuah lembaga pengasuhan. Maka area ini merupakan area wajib yang harus disediakan.

Langkah 4

Menentukan program belajar. Tujuan sudah ada sarana sudah ada maka langkah ketiga adalah menentukan strategi belajar untuk mencapai tujuan di atas. Belajar bagi anak usia dini SANGAT BERBEDA dengan belajarnya seorang siswa TK, apalagi SD. Ada beberap prinsip strategi belajar bagi anak usia dini :

  1. Belajar dengan bermain
  2. Belajar sambil bermain
  3. Belajar dengan gembira

Tiga prinsip di atas harus menjadi auan utama dalam menentukan strategi belajar. Karena jika salah satu dilanggar maka anak tidak akan berkembang sesuaid dengan fase perkembangnnya.

Langkah 5

Membangun kerja sama lembaga (sekolah) dengan orangtua dan masyarakat sekitar. Dengan orangtua bias dilakukan pertemuan rutin untuk membangun kebersamaan. Karena dilatarbelakangi perbedaaan kebiasaan setuap rumah dan pada setiap perlakuan, maka forum ini sangat diperlukan agar strategi belajar bias dilaksanakan bersama di sekolah maupun di rumah.

12 comments:

  1. makasih infonya...sangat berharga..ijin copas ya..

    ReplyDelete
  2. oke mus sukses
    BRAVO pendidikan

    ReplyDelete
  3. ijin copas ya pak/bu..

    ReplyDelete
  4. saya bu eka dari Pontianak. Saya buka Paud di bulan ini, trims tulisan ini membuka wawasan saya tentang anak dan pendidikannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dana untuk sewa gedung dan gaji guruny dr mana buk. Kalau minta semua dr orangtua kan terlalu merepotkan apakah dana desa atau aumber lainnya ada.
      Trims

      Delete
    2. Dana untuk sewa gedung dan gaji guruny dr mana buk. Kalau minta semua dr orangtua kan terlalu merepotkan apakah dana desa atau aumber lainnya ada.
      Trims

      Delete
  5. Saya bunda via...

    Terimakasih atas infonya yg sangat berharga..mohon sharing bagaimana cara mencari atau menarik siswa untuk mau bergabung di paud kita yg baru saja berdiri dan media apa yg efektif untuk mempromosikan sekolah baru..saat ini sekolah kami sudah berjalan satu tahun.walaupun gedungnya masih terbatas dan mengontrak. IinsyaAllah tahun ajaran baru ini akan segera selesai..

    ReplyDelete
  6. posting nya bermanfaat sekali untuk org awam yg ingin mendirikan paud... terima kasih... salam

    ReplyDelete
  7. Terima kasih sharingnya. Bermanfaat.

    ReplyDelete
  8. Info nya sangat bermanfaat ,kebetulan lg dmnt proposal utk bikin paud permintaan dr suami dn temen2 nya kbtulan sy guru tk ,smoga bs cepat trwujud keingin kami y ,syukron

    ReplyDelete
  9. thanks, mudah-mudahan mejadi pembuka jalan...amin

    ReplyDelete
  10. Kalau dana untuk mendirikan paud itu dari mana saja kah pak.. krn warga butuh paud tp dana untuk mensirikannya tidak tau dari mana misal sewa gedung sampai persiapan kelengkapan dan gaji gurunya.
    Trims

    ReplyDelete