Tuesday, January 20, 2009

Otak Kanan Otak Kretafitas Otak Orang Sukses

Otak kanan adalah otak orang sukses. Otak yang berisi imajinasi, kretaifitas, warna maupun irama. Otak kanan adalah kunci kesuksesan. Siapa saja, profesi apa saja insya Allah akan sukses jika ia menggunakan otak kanannya.
Namun, ternyata 90% pelajaran di SD (juga TK?) menggunakan basis otak kiri. Menghafal, analisis, logika dan bahasa mendominasi pelajaran. Pun metode ceramah, dikte mendominasi pelajaran. Kondisi ini membuat otak kanan anak Anda tidak optimal. Tidak percaya?
Cobalah buktikan! Apa yang dilakukan anak saat guru menerangkan pelajaran? Ada yang mengantuk, ada yang mencoret-coret buku, ada yang memainkan polpen dan sebagainya. Itu adalah bukti otak kanan mereka tidak dibuat bekerja alias diam. Akibatnya anak BOSAN dengan pelajaran di kelas.
PAUD sebagai basis dasar pendidikan seharusnya berperan besar pada bagian penting ini. Pengajaran berbasis otak kanan seharusnya mendominasi berbagai kegiatan di PAUD. Ini adalah harapan terakhir kita, karena sekolah TK di kita sudah meniru gaya belajar SD yang mempergunakan otak kiri dan mengesampingkan otak kanan. Bahkan ada yang memberi PR materi pelaran SD!!
Dalam menggunakan otak kanan, pembelajaran lebih menarik, lebih fun menyenangkan. Anak-anak pun terlibat penuh dengan penuh kegembiraan.
PAUD Embun Pagi sadar hal itu, sehingga sekuat tenaga untuk tetap berpegang pada prinsip otak kanan. Apapun kegiatan atau tema yang dilakukan otak kanan adalah basisnya. Selamat berjuang!!

1 comment:

  1. Benar juga, usaha dalam mengoptimalkan otak kiri yang mengabaikan potensi otak kanan, telah menjadikan kita sebagai siswa yang pasif dan merasa bosan ketika guru menerangkan pelajaran, karena saya pernah mengalaminya sendiri.

    ReplyDelete