Tuesday, December 8, 2009

Belajar Membaca Tanpa Drill

Ada rasa bahagia melihat anak-anak didikan PlayGroup / PAUD Embun Pagi. Rancangan belajar yang kami terapkan ternyata memiliki pengaruh yang sangat positif. Keberanian, inisiatif dan kebebasan ekspresi mulai kelihatan hasilnya.
Dalam tulisan ini yang kami bahas salah satu sisi yang membuat kami bangga, yaitu masalah membaca.
Di TK yang kami survey, anak-anak diberikan porsi latihan membaca yang berlebihan, dengan metode drill yang melelahkan pula. Metode drill yang kami maksud adalah membaca buku latihan satu halaman satu halaman, seperti saat belajar iqro'. Tentu dengan intinsitas yang harus sesering mungkin.
Berbeda dengan kami di PlayGroup Embun Pagi. Kami memang mengajarkan membaca tapi tidak dengan langsung. Tidak kami fokuskan. Kami awalnya memperkenalkan huruf dengan permainan yang menggembirakan. Kemudian kami juga mengenalkan kosa kata yang familiar dengan anak. Tentu dalam kondisi yang menyenangkan pula. Pola in kami lakukan terus menerus dengan berbagai permainan yang menyenangkan. Itu kami berikan dengan metode yang berbeda. Ada dengan menyanyi, menggambar, tebak-tebakan, dan permainan lainnya.
Namun ternyata, keserhanaan pola yang kami lakukan ternyata memberikan dampak yang luar biasa. Anak-anak kami memiliki tingkat pemahaman yang cepat dalam membaca. Anak-anak lulusan kami yang melanjutkan ke TK memiliki kecepatan di atas rata-rata dalam pembelajaran membaca.
Dan yang paling menggembirakan kami, termasuk terjadi pada buah hati kami adalah anak-anak tiba-tiba bisa membaca sendiri. Anak saya pertama kali bisa membaca sendiri adalah saat membaca merek tempat tidur kami. Tentu kami terkejut dan surprise. Ternyata apa yang kami berikan memberikan dampak yang di luar dugaan kami.
Kini anak-anak kami memiliki kegemaran yang membaca melebihi lulusan lembaga yang lain.
Mudah-mudahan perjuangan kami terus menerus menemukan yang terbaik. karena kami ignin memberikan kesungguhan dalam "Menjadikan Dunia Anka Lebih Bermakna".

No comments:

Post a Comment